Posted on

Wine Terenak

Wine terenak dari Perancis, Italia, Australia, Portugal dan Chile bisa anda dapatkan di sini. Tapi kenapa mereka dianggap enak?

5 Wine Terenak dengan Harga di Bawah Rp 500.000,-

Wine yang enak menurut seseorang, belum tentu enak menurut orang lain, karena soal rasa memang subyektif. Meskipun demikian, klaim tentang wine terenak dapat dianggap valid bila memang banyak orang yang berpendapat sama tentang hal tersebut.

Agar dapat lebih obyektif dalam penilaian tentang wine terenak, maka kategori yang digunakan untuk mengukurnya harus sama antara 1 wine dengan wine yang lain. Salah satu kategori yang bisa digunakan adalah harga.

Berikut ini 5 wine dengan harga di bawah Rp 500,000.- yang paling banyak disukai pengguna website HargaWine.com

Talamonti Modà

Wine-Terenak-Talamonti-Moda
Talamonti Modà

Italian red ini dibuat dari anggur Montepulciano d’Abruzzo dengan mengikuti standard klasifikasi denominazione di origine controllata (DOC). Artinya wine ini memiliki standard mutu tinggi. Rasanya fruity dan elegan diimbangi dengan rasa tannin yang tidak terlalu keras.

Robert Parker, pakar wine kelas dunia, memberi skor 87 (Very Good) untuk vintage 2017 dan 2014 untuk Talamonti Modà. Majalah Wine Spectator memberinya skor 87 (Very Good) untuk vintage 2015.

Talamonti Modà terasa lebih enak bila dihidangkan bersama cured meats seperti Salami, Prosciutto, Pepperoni, dll.

De Bortoli Sacred Hill Traminer Riesling

Wine Terenak De Bortoli Sacred Hill Traminer Riesling
De Bortoli Sacred Hill Traminer Riesling

Australian wine ini memiliki rasa off-dry; anda akan merasakan sedikit rasa manis ketika meminumnya. White wine ini sengaja dibuat untuk dinikmati bersama Asian Food, terutama yang digoreng atau yang menggunakan bumbu rempah.

De Bortoli Sacred Hill Traminer Riesling sejak lama menjadi salah satu wine yang paling disukai oleh pengguna website ini. Produk ini juga menjadi salah satu jenis wine untuk pemula yang paling kami rekomendasikan. Harganya cuma Rp 400ribuan.

Medici Ermete Lambrusco Grasparossa Dolce

Wine Terenak Lambrusco Medici Ermete
Medici Ermete Lambrusco Grasparossa Dolce

Karena kebanyakan orang Indonesia menyukai minuman yang rasanya manis, maka wajar saja bila Medici Ermete Lambrusco Grasparossa Dolce dianggap sebagai salah satu wine terenak dengan harga di bawah Rp 500,000.-.

Italian red ini adalah easy drinking, fruity dan rasanya manis sehingga cocok untuk pemula. Teksturnya yang spritzy (semi sparkling) seperti minuman soda membuatnya jadi pilihan yang cocok untuk pesta. Selain itu kandungan alkoholnya yang cuma berkisar antara 8.5 – 9% membuatnya lebih aman untuk dikonsumsi oleh pemula.

Calvet Limited Release Sauvignon Blanc

Wine-Terenak-Calvet-Sauvignon-Blanc
Calvet Limited Release Sauvignon Blanc

Untuk kategori wine dengan harga di bawah Rp 500,000.-, Calvet Limited Release Sauvignon Blanc adalah salah satu white wine terenak. French white ini disukai banyak orang karena aromanya (lemon, peach, white flowers), teksturnya yang ringan dan rasanya yang didominasi oleh jeruk nipis, graprefruit, lemon dan minerals.

Produk ini dibuat sesuai standar klasifikasi Bordeaux AOC sehingga dalam hal mutu, produk ini memiliki mutu yang lebih tinggi daripada table wine (wine biasa). Wine Enthusiast memberikan skor 85 (Very Good) untuk vintage 2020 dari produk ini.

Viña Morande Pionera Reserva Pinot Noir Rosé

Wine-Terenak-Vina-Morande-Rose
Viña Morande Pionera Reserva Pinot Noir Rosé

Viña Morande Pionera Reserva Pinot Noir Rosé adalah pilihan tepat untuk dihidangkan di sore hari yang panas. Rosé wine dari Chile ini rasanya easy drinking dan menyegarkan, cocok untuk dihidangkan tepat sebelum makan malam karena membangkitkan selera.

Wine Enak Lainnya

Wine-Terenak-Port-Wine
Dow’s Fine Tawny Port

Tentu saja masih ada wine lain yang rasanya lebih enak dari kelima wine tersebut di atas! Anda cuma perlu tambah dana sedikit saja untuk dapat wine yang lebih enak.

Contohnya Dow’s Fine Tawny Port dari Portugal. Banyak yang menganggap produk ini sebagai salah satu wine terenak karena kebanyakan orang Indonesia memang suka dengan sweet red wine yang alkoholnya tinggi. Produk yang satu ini harganya sekitar Rp 600ribuan.

Wine Terenak Sauvignon Blanc
Taltarni T-Series Sauvignon Blanc

Contoh wine enak lain adalah Taltarni T-Series Sauvignon Blanc. Australian White Wine ini rasanya easy drinking dan refreshing dengan aroma yang didominasi buah pear dan melon. Harganya pun sekitar Rp 600ribuan saja.

Te Mata Estate Gamay Noir Estate Vineyards dari New Zealand juga bisa dimasukkan dalam kategori wine enak dengan harga sekitar Rp 600ribuan. Red wine ini memiliki rasa dan tekstur yang cukup bersahabat dengan lidah pemula.

Wine-Terenak-Gamay-Noir
Te Mata Estate Gamay Noir Estate Vineyards

Masih ingin tahu wine enak lain yang harganya di atas Rp 500,000 tapi masih di bawah Rp 1,000,000.-? Silahkan klik di sini.

Posted on

Jual Wine Murah Untuk Party

Jual wine murah untuk party dengan harga diskon. Tersedia sweet wine, red wine, white wine dan Champagne. Siap antar 1 x 24 jam.

Jual Wine Murah

Di Indonesia ada ratusan merek wine yang dijual, dan juga ada banyak yang jual wine murah. Kami sendiri punya 470 merek dari 12 negara. Tapi produk yang manakah yang paling tepat untuk party? Bagaimana cara memilih wine untuk party? Berapa budget yang harus disediakan? Baca penjelasannya di bawah ini.

Menghitung Jumlah Kebutuhan

Ukuran standard internasional untuk botol wine adalah 750ml, cukup untuk 5 – 6 gelas. Selama pesta, biasanya rata-rata orang minum 2 – 3 gelas. Artinya setiap 1 botol wine cukup untuk 3 orang.

Jual Wine Murah Untuk Party Paket Wednesday is Winesday

Style Wine Yang Dibutuhkan

Sesuaikan style wine yang akan anda beli dengan jenis party yang akan anda adakan.

  • Wedding, promosi jabatan, menang tender dan perayaan lainnya bisa menggunakan Champagne atau Sparkling Wine. Private party, gala dinner dan barbecue bisa menggunakan campuran red wine dan white wine.
  • Untuk pembukaan, ada baiknya bila tamu-tamu diberi segelas Moscato sebagai welcoming drink. Dan setelah hidangan utama habis disantap, ada baiknya bila anda menghidangkan Late Harvest Gewurztraminer, Samling Beerenauslese (BA) atau Sauternes sebagai dessert wine.
  • Untuk party pada siang atau sore hari, pilihlah wine dengan kadar alkohol rendah. Contoh wine yang cocok untuk party seperti ini adalah Moscato, Spumante dan Lambrusco.
  • Bila tamu-tamu anda kebanyakan adalah pemula (belum terbiasa) minum wine, maka ada baiknya anda pilih Traminer Riesling (white wine yang rasanya agak manis). Untuk red wine bisa pilih Pinot Noir atau Gamay yang tidak terlalu pekat. Ketiga style wine tersebut rasanya cukup “ringan”; mudah diterima oleh orang Indonesia, jadi bisa dinikmati oleh siapa saja

Wine Pairing

Party akan terasa lebih berkesan bila minuman yang dihidangkan rasanya cocok dengan makanan yang dihidangkan. Mencocokkan makanan dengan wine disebut sebagai wine pairing.

Beberapa tips yang kami sarankan adalah:

  • Bila yang dihidangkan adalah makan ringan yang asin, misalnya kripik kentang, buttered pop corn atau deep fried calamari, maka pilihlah sparkling wine atau Champagne dengan style “Brut” (dry)
  • Bila yang dihidangkan adalah daging yang terasa berlemak, pilih red wine yang dry seperti Cabernet Sauvignon atau Shiraz. Tapi bila kedua wine itu terasa “terlalu dry”, tidak ada salahnya bila anda pilih Cabernet Merlot
  • Bila yang dihidangkan adalah Chinese Food (cocok dengan lidah hampir semua orang Indonesia), maka wine paling cocok adalah Riesling; terutama dari Australia, yaitu yang rasanya off dry (ada sedikit rasa manis)

Jual Wine Murah Untuk Party

Silahkan KLIK PADA GAMBAR di bawah ini dan dapatkan harga promo untuk Italian sparkling wine yang kami rekomendasikan untuk pesta anda.

Posted on

Jenis Wine Untuk Pemula

Jenis wine untuk pemula itu yang mana saja? Seperti apa rasanya dan berapa harganya? Apakah ada diskon? Temukan jawabannya dalam artikel ini.

Cara-Memilih-Wine

9 Jenis Wine Untuk Pemula Berdasarkan Rasa

Bagi pemula, yang menjadi tantangan utama sebenarnya bukanlah faktor harga melainkan faktor rasa. Kebanyakan pemula tidak menyukai rasa sepat yang berasal dari tannin.

jenis-wine-untuk-pemula

Tannin itu sendiri adalah polyphenol alami yang terdapat pada batang, biji dan kulit buah anggur. Rasanya seperti teh hitam kental tanpa gula. Cabernet Sauvignon, Shiraz dan Nebbiolo adalah contoh red wine yang mengandung banyak tannin, sehingga tidak bisa direkomendasikan sebagai jenis wine untuk pemula.

Beberapa jenis wine untuk pemula adalah sebagai berikut:

Moscato

Jenis-Wine-Untuk-Pemula-Moscato
Moscato d’Bali

Dari antara semua jenis wine untuk pemula, Moscato adalah jenis yang paling cocok untuk pemula, bahkan untuk yang sama sekali belum pernah minum wine!

White wine ini memiliki tekstur fizzy (sedikit berbusa seperti soft drink) dengan warna bening agak keemasan. Moscato memiliki aroma bunga-bungaan dengan rasa yang manis dan fruity. Kebanyakan Moscato memiliki kadar  alkohol sekitar 5,5% atau sedikit lebih tinggi, sehingga benar-benar cocok untuk pemula.

Moscato cocok dengan Chinese food, dim sum dan ayam goreng crispy. Harga Moscato bisa anda baca di artikel tentang harga wine moscato.

Villa Sandi Dolce Sandi

Jenis-Wine-Untuk-Pemula-Spumante-Dolce
Villa Dolce Sandi Spumante

Setelah mencicipi Moscato, seorang pemula bisa”naik kelas” dengan mencicipi Villa Dolce Sandi Spumante. Italian Sparkling Wine ini juga dibuat menggunakan anggur Muscat (Moscato). Rasanya lebih manis daripada Moscato dengan tekstur yang juga terasa lembut di lidah tapi lebih elegan. Kandungan alcoholnya pun lebih tinggi daripada Moscato yaitu 7%.

Gewürztraminer

Gustave Lorentz Reserve Gewürztraminer

Setelah mencicipi Moscato dan Spumante Dolce, seorang pemula bisa”naik kelas” lagi dengan mencicipi Gewürztraminer.

White wine ini memiliki banyak persamaan dengan Moscato. Perbedaannya adalah Gewürztraminer tidak berbusa (bergelembung) seperti Moscato. Selain itu Gewürztraminer memiliki tekstur yang lebih kental, aroma lychee yang kuat dan kandungan alkohol yang lebih tinggi daripada Moscato.

Gewürztraminer dapat dijadikan jenis wine untuk pemula karena memiliki rasa “off dry” (ada sedikit rasa manis) dengan kandungan rasa lychee, jeruk Bali, nanas, persik, apricot, jeruk dan semangka.

Gewürztraminer terbaik dihasilkan oleh vinyard dengan predikat “Grand Cru” di Alsace, Perancis dan memiliki label “Reserve Gewürztraminer”.  Contoh: Gustave Lorentz Reserve Gewürztraminer.

Traminer Riesling

Jenis-Wine-Untuk-Pemula-Traminer-Riesling
De Bortoli Sacred Hill Traminer Riesling 2018

White wine ini dibuat menggunakan blend (campuran) antara buah anggur Gewürztraminer (di Autralia disebut “Traminer”) dan buah anggur Riesling.

Traminer Riesling termasuk jenis wine untuk pemula karena memiliki karakteristik seperti Gewürtraminer tapi rasanya sedikit lebih asam dan after taste-nya terasa lebih “renyah”.

Contoh produk wine jenis ini adalah De Bortoli Sacred Hill Traminer Riesling dari Australia.

Late Harvest Gewürztraminer

Jenis-Wine-Untuk-Pemula-Late-Harvest-Gewürztraminer
Montes Late Harvest Gewürztraminer 2013

Jenis wine yang ini dibuat dari jenis buah anggur yang sama dengan Gewürztraminer. Bedanya adalah Late Harvest Gewürztraminer terasa lebih manis daripada Gewürztraminer karena anggurnya “terlambat dipanen”(1 – 2 bulan setelah waktu panen normal) sehingga rasanya benar-benar manis. Rasanya yang manis ini membuatnya cocok direkomendasikan sebagai jenis wine untuk pemula.

Contoh Late Harvest wine yang populer di Indonesia adalah Montes Late Harvest Gewürztraminer dari Chile. Tingkat kemanisannya setara dengan 22 sendok teh gula dalam 1 liter wine.

Produk ini cocok untuk acara romantis berdua dengan pasangan anda.

Rosé

Rosé (baca: rho-se) adalah jenis wine yang warnanya merah jambu (dalam bahasa Perancis Rosé artinya merah jambu). Warna tersebut didapat karena proses pembuatannya yang unik.

Rosé dibuat dari anggur yang biasa digunakan untuk membuat red wine. Tapi bila biasanya kulit buah anggur red wine dibiarkan terendam selama beberapa minggu dalam proses fermentasi, dalam pembuatan Rosé wine kulit anggurnya hanya direndam beberapa jam saja lalu dibuang. Karena itu warnanya tidak benar-benar merah tua seperti red wine.

Jenis-Wine-Untuk-Pemula-Maison-Aix
Maison Aix Rosé 2020

Dari segi rasa, bisa dikatakan bahwa Rosé adalah “jembatan” antara white wine dan red wine. Karena itu Rosé cocok sebagai jenis wine untuk pemula.

Keterangan lebih lengkap tentang Rosé bisa anda baca di artikel tentang harga Rosé wine.

Lambrusco

Jual-Wine-Pemula-Lambrusco
Medici Ermete Lambrusco Reggiano (kiri), Secco (tengah) dan Grasparossa (kanan)

Dari semua jenis red wine, yang paling cocok untuk pemula adalah Lambrusco.

Lambrusco adalah red wine yang ringan dan menyegarkan. Teksturnya frizzante (slightly sparkling) dan kandungan alkoholnya antara 8 – 11%.  Lambrusco biasanya mengandung rasa cherry, plum, anggur dan tomat.

Lambrusco termasuk jenis wine untuk pemula karena mengandung sedikit sekali tannin; hampir tidak ada rasa sepat-nya. Keterangan lebih lengkap bisa anda baca di artikel harga wine Lambrusco.

Secara garis besar, Lambrusco dibuat dalam 2 pilihan rasa; manis atau tidak manis. Bila anda ingin pilih yang manis, maka pilih yang berlabel “Dolce”. Kalau anda tidak suka yang manis, anda bisa pilih yang berlabel “secco” yang artinya “dry” (tidak manis).

Pinot Noir

Jenis-Wine-Untuk-Pemula-Pinot-Noir
Casa Marin Lo Abarca Hills Pinot Noir 2008

Pinot Noir adalah red wine dengan dengan tekstur light body (terasa ringan di lidah) dan kandungan tannin rendah. Pada umumnya Pinot Noir memiliki kandungan rasa yang didominasi cranberry, cherry dan raspberry. Pinot Noir adalah red wine yang paling food friendly (cocok dengan segala jenis masakan).

Meskipun rasanya cocok untuk pemula, tapi harga Pinot Noir biasanya lebih mahal daripada beberapa jenis red wine lain karena proses pembuatannya rumit.

Pinot Noir paling ekslusif berasal dari Burgundy, Perancis (disebut sebagai Burgundy red). Burgundy red memiliki harga jual yang hampir sama dengan wine Bordeaux yang berklasifikasi Premier Cru (tertinggi dalam klasifikasi Bordeaux wines).

Bila harga Pinot Noir lebih tinggi dari budget yang anda sediakan, kami sarankan anda untuk beli Gamay saja.

Gamay

Jenis-Wine-Untuk-Pemula-Gamay-Noir
Te Mata Estate Gamay Noir Estate Vineyard 2018

Gamay memiliki karakteristik yang sangat mirip dengan Pinot Noir tapi harganya jauh lebih murah sehingga masuk dalam salah satu jenis wine untuk pemula. Teksturnya light body, dengan tannin yang rendah dan rasanya fruity dengan kandungan black currant, raspberry dan pisang.

Gamay terbaik dihasilkan di Beaujolais, Perancis sehingga nama “Beaujolais” menjadi identik dengan Gamay (wine dengan label “Beaujolais” bisa dipastikan isinya adalah Gamay).

Alternatif yang lebih murah untuk Gamay adalah yang berasal dari Hawke’s Bay, New Zealand. Contohnya Te Mata Estate Gamay Noir Estate Vineyard 2018.

Merlot

Jual Wine Pemula Merlot
Viña Morandé Pionero Reserva Merlot 2018

Merlot adalah jenis red wine paling populer di seluruh dunia. Dibandingkan Pinot Noir, Merlot terasa lebih “kental” . Merlot juga mengandung tannin yang lebih keras daripada Pinot Noir, tapi masih cukup bersahabat dengan lidah pemula.

Harga Merlot bervariasi; tergantung merk dan kualitas. Contoh Merlot dengan kualitas lumayan tapi harga murah adalah Viña Vistamar Brisa Merlot dari Chile.