Posted on

Harga Wine New Zealand

Harga Wine New Zealand yang kualitasnya setara dengan French Wine kelas atas bisa anda lihat di sini. Ada yang cocok untuk pemula!

Pengantar New Zealand Wines

Harga-Wine-New-Zealand

New Zealand wines cocok untuk anda yang peduli lingkungan. Sekitar 98% vineyards di New Zealand memegang sertifikat ISO 14001 tentang pengelolaan kebun yang ramah lingkungan. Bahkan, 7% dari vineyards di New Zealand dikelola secara organic.

Hampir semua Vineyard di New Zealand menerapkan pengelolaan air (untuk pengairan) menggunakan air hujan yang didaur ulang. Penggunaan mesin diesel untuk pompa air dikurangi sampai seminimal mungkin. Penggunaan herbisida, pestisida dan insektisida sangat minim atau bahkan tidak digunakan sama sekali. Domba pun dipakai untuk “membasmi” rumput dan semak liar, serta “memangkas” daun pohon anggur. Sehingga bisa dikatakan bahwa wine dari New Zealand “lebih alami” daripada wine biasa dari negara lain.

Sementara itu, dalam hal kualitas, New Zealand wines pun memiliki reputasi kelas dunia. Reputasi kelas dunia dan teknik pengelolaan vineyard yang alami membuat rata-rata harga wine New Zealand lebih tinggi daripada harga wine Argentina, Chile atau Australia; meskipun masih lebih murah daripada produk sejenis buatan negara Eropa.

Bila anda ingin coba wine dari New Zealand, maka yang harus anda coba adalah Sauvignon Blanc dan Pinot Noir. Sauvignon Blanc dari New Zealand, terutama dari wine regions Marlborough, Nelson dan Wairarapa, beberapa kali mengalahkan Sauvignon Blanc dari Bourdeaux pada kontes wine dunia.

Sauvignon Blanc itu sendiri memang mendominasi total produksi wine dari New Zealand. Sekitar 2/3 dari wine yang diproduksi di New Zealand adalah Sauvignon Blanc. Ciri khas-nya adalah rasanya yang lebih fruity daripada Sauvignon Blanc dari negara lain.

Setelah Sauvignon Blanc, Pinot Noir adalah wine nomor 2 paling banyak diproduksi di New Zealand. Secara garis besar, Pinot Noir dari New Zealand memiliki rasa dan aroma yang tidak sekompleks Pinot Noir dari Burgundy, dan teksturnya lebih ringan daripada Pinot Noir dari California. Pinot Noir dari New Zealand biasanya memiliki warna merah delima, dengan kandungan rasa red cherry, cranberry dan red flowers yang diimbangi dengan tannin lembut. Dua

Wine regions penghasil Pinot Noir terbaik di New Zealand adalah Marlborough dan Central Otago. Wine regions lain seperti Hawke’s Bay, Martinborough, Gisbourne, Auckland, dsb juga menghasilkan Chardonnay, Pinot Grigio, Riesling, Syrah, Merlot, Gamay, dll yang kualitasnya bagus.

Harga Wine New Zealand yang Kami Rekomendasikan

Untuk memilih wine yang sesuai dengan kantong anda, maka berikut ini ada info tentang harga wine New Zealand yang bisa anda pilih.

Ohau Wines

Harga wine New Zealand buatan Ohau wines ini relatif terjangkau sehingga pantas untuk dicoba. Cuma dengan Ohau wines diproduksi di wine region yang masih relatif baru, sehingga belum terlalu “pasaran”.

Meskipun Ohau Wines memproduksi beberapa varietals, yang paling kami rekomendasikan adalah Sauvignon Blanc. Ohau Woven Stone Sauvignon Blanc mendapat review bagus dari berbagai kompetisi wine dunia:

• Wine Orbit: 5-star review (vintage 2020)
• Mundus Vini: Gold medals (vintage 2020)
• San Francisco International Wine Challenge: Silver medals (Vintage 2019 & 2020)

Harga wine New Zealand yang satu ini adalah yang paling terjangkau dibandingkan dengan wine New Zealand lainnya di website ini. Acidity-nya menyegarkan, dengan kandungan rasa gooseberry, jeruk limau dan jeruk Bali.

Te Mata Estate

Harga-Wine-New-Zealand-Gamay-Noir

Te Mata Estate sudah mulai berproduksi sejak 1896. Robert Parker, pakar wine kelas dunia, menjuluki wine maker yang berlokasi di region Hawke’s Bay ini sebagai “New Zealand’s greatest winery”. Sementara itu majalah Decanter dari Inggris menjuluki Te Mata sebagai “New Zealand’s first growth” (istilah untuk wine kelas atas di Perancis).

Salah satu premium lines dari Te Mata adalah Elston Chardonnay. Wine Enthusiast memberinya score 91 untuk vintage 2016 dan score 90 untuk vintage 2017 (Excellent. Extremely well made and highly recommended).

Premium lines lain dari Te Mata adalah Coleraine Syrah, Awatea Cabernets-Merlot, Cape Crest Sauvignon Blanc dan Zara Viognier. Harga wine New Zealand tipe premium dari Te Mata bisa mencapai jutaan rupiah karena memang kualitasnya tinggi.

Tapi bila anda ingin coba Te Mata yang harganya lebih terjangkau, maka anda bisa memesan seri Estate Vineyards yang terdiri dari Merlot/Cabernets, Syrah, Pinot Noir, Gamay Noir, Chardonnay dan Sauvignon Blanc. Harga wine New Zealand seri Estate Vineyard berkisar antara Rp 500 – 600ribuan.

Kami sangat merekomendasikan Te Mata Estate Vineyard Gamay Noir sebagai red wine untuk pemula. Rasa dan tekstur Te Mata Estate Vineyard Gamay Noir mirip dengan Pinot Nor, tapi harga wine New Zealand varietal yang satu ini jauh lebih murah!

Felton Road

harga-wine-new-zealand-chardonnay

Felton Road adalah salah satu wine maker paling terkenal dan memiliki reputasi paling baik di New Zealand. Lokasinya terletak di Central Otago.

Produk andalan Felton Road adalah Pinot Noir yang dianggap sebagai salah satu yang terbaik dari Kawasan New World (negara-negara di luar Eropa). Contohnya adalah Felton Road Bannockburn Pinot Noir 2018. Majalah Wine Spectator memberikan score 95 (Classic: a great wine) untuk produk ini. Harga wine New Zealand ini adalah Rp 1,9juta.

Selain Pinot Noir, Felton Road juga memproduksi Chardonnay kelas dunia. Felton Road menggunakan proses fermentasi yang sealami mungkin untuk membuatnya, bahkan tidak menggunakan filter yang biasanya membuat warna wine lebih “cerah”.

Contohnya adalah Felton Road Bannockburn Chardonnay vintage 2012 – 2018 yang selalu mendapat score tinggi dari Robert Parker, James Suckling, Wine Spectator, Wine Enthusiast, dll. Harga wine New Zealand ini sekitar Rp 1,5juta.

Dog Point

harga-wine-new-zealand-dog-point

Dog Point memiliki organic vineyard terbesar di New Zealand yang memiliki sertifikat dari Biogro NZ. Lokasinya terletak di Marlborough wine region. Produk andalan Dog Point adalah Sauvignon Blanc, Chardonnay dan Pinot Noir. Ketiganya adalah produk vegan (dibuat tanpa menggunakan unsur hewani), vegetarian friendly, dan juga gluten free.

Produk Dog Point yang bisa anda pilih dari website ini adalah Sauvignon Blanc dan Pinot Noir. Harga wine New Zealand produksi Dog Point mencapai lebih dari Rp 1juta per botol karena memang kualitasnya tinggi.

James Suckling dan Robert Parker; 2 pakar wine paling berpengaruh di dunia; secara konsisten memberikan score 90 atau lebih (Outstanding) untuk semua vintage Dog Point Sauvignon Blanc mulai dari 2009 sampai 2020. Kedua pakar tersebut bahkan memberikan score yang lebih tinggo lagi untuk Dog Point Pinot Noir! Untuk vintage 2014 – 2017, James Suckling memberikan score 95 atau lebih (Must Buy!). Karena itu wajar saja bila harga wine New Zealand yang ini membuat pecinta wine untuk merogoh kantong lumayan dalam.