Posted on

Harga Red Wine

Harga red wine yang rasanya cocok untuk pemula bisa anda lihat di sini. Ada yang rasanya manis! Penasaran ingin coba?

Harga Red Wine untuk Pemula

Sebenarnya ada banyak sekali jenis red wine di dunia. Tapi dari segi rasa, red wine dibagi dalam 2 kategori yaitu sweet dan dry (tidak manis). Sweet red wine memiliki kadar residual sugar yang tinggi sedangkan dry red wine memiliki kadar tannin yang tinggi (rasanya sepat seperti teh tawar). Rasa dari masing-masing merk red wine biasanya berada di antara spektrum sweet atau dry; apakah cenderung ke sweet atau ke dry.

Dari sekian banyak jenis red wine, tidak semuanya cocok untuk pemula. Karena kebanyakan pemula lebih menyukai rasa manis, maka jenis sweet red wine seperti Port dan Lambrusco adalah yang paling banyak dicari. Harga red wine dari kedua jenis tersebut bervariasi, tapi biasanya berkisar antara Rp 300ribuan – Rp 600ribuan.

Di sisi lain, ada juga pemula yang kurang suka rasa manis. Mereka lebih suka dengan dry red wine seperti Pinot Noir atau Merlot. Meskipun kedua jenis red wine tersebut rasanya tidak manis, tapi karena kandungan tannin-nya berada pada spektrum antara rendah – medium, maka rasanya masih cukup “bersahabat” untuk lidah pemula (pemula biasanya belum bisa menikmati red wine dengan kandungan tannin tinggi).

Di bawah ini adalah beberapa jenis red wine terbaik yang kami rekomendasikan untuk pemula.

Port

erapa-Harga-Red-Wine-Port
Dow’s Fine Tawny Port

Port wine adalah sweet red wine yang berasal dari Portugal. Banyak orang Indonesia yang suka Port Wine karena selain rasanya manis, kadar alkoholnya pun tinggi! Port wine mengandung alkohol antara 19% – 20%. Harga red wine yang satu ini biasanya sekitar Rp 600ribuan ke atas untuk produk entry level, sedangkan harga red wine termahal untuk jenis ini di Indonesia berkisar sekitar Rp 3jutaan.

Satu keistimewaan Port wine adalah daya tahannya. Tidak seperti red wine lain yang rasanya mulai berubah dalam1 hari setelah dibuka, rasa Port wine tidak berubah sampai 30 hari setelah dibuka!

Contoh Port Wine yang kami rekomendasikan untuk pemula adalah Dow’s Fine Tawny Port.

Lambrusco

Lambrusco adalah semi sparkling red wine dari Italia. Harga wine yang satu ini biasanya lebih terjangkau daripada Port Wine. Tapi tidak semua Lambrusco rasanya manis, ada juga Lambrusco yang tidak manis. Lambrusco yang manis adalah yang pada labelnya ada tulisan “Dolce”.

Lambrusco rasanya ringan dan fruity dengan kandungan alkohol antara 9% – 11%. Karena mengandung busa/gelembung seperti sparkling wine dan rasanya cocok untuk kebanyakan orang, maka Lambruso cocok untuk pesta!

Lambrusco yang kami rekomendasikan untuk anda adalah Medici Ermete Lambrusco Grasparossa Dolce. Rasanya manis, fruity dan terksturnys terasa ringan di lidah. Produk ini adalah salah satu best seller kami sejak 2013!

Pinot Noir

Harga-Red-Wine-Pinot-Noir
Casa Marin Cartagena Pinot Noir 2018

Buat anda yang kurang suka dengan sweet red wine, tidak ada salahnya bila anda coba Pinot Noir. Pada umumnya Pinot Noir memiliki tekstur light bodied (terasa encer), dengan kandungan tannin rendah (tidak terlalu sepat) dan tingkat keasaman sedang.

Pinot Noir paling ekslusif dihasilkan di Burgundy, Perancis, contohnya Domain Chanson Charmes Chambertin Grand Cru. Meskipun demikian, akhir-akhir ini New Zealand juga mampu menghasilkan Pinot Noir kelas dunia, contohnya Dog Point Vineyard Marlborough Pinot Noir.

Tapi karena harga red wine Pinot Noir yang bagus biasanya mahal, kami sarankan anda untuk pilih jenis red wine Gamay karena rasanya mirip dengan Pinot Noir tapi harganya jauh lebih murah!

Tapi bila anda tetap ingin memilih Pinot Noir yang harganya terjangkau, anda bisa pilih Casa Marin Cartagena Pinot Noir dari Chile. Atau anda juga bisa pilih Viña Ventisquero Reserva Pinot Noir.

Gamay

Gamay (Gamay Noir) memiliki karakter yang sangat mirip dengan Pinot Noir. Tapi rasa dan kualitasnya sangat mirip dengan Pinot Noir kelas atas yang harganya bisa sampai jutaan rupiah. Ibaratnya anda beli mobil Avanza rasa Innova!

Gamay paling populer dihasilkan di Beaujolais; suatu wine region yang letaknya persis bersebelahan dengan Burgundy di Perancis yang memiliki reputasi penghasil Pinot Noir terbaik di dunia.

Gamay dari Beaujolais biasa disebut sebagai “Beaujolais”, contohnya Domaine Labruyère Coeur de Terroirs. Untuk beberapa orang, mungkin harga red wine yang satu ini agak mahal. Sebenarnya hal ini wajar saja kalau mengingat bahwa Domaine Labruyère memiliki reputasi bagus. Selain itu varian Coeur de Terroirs dari Domaine Labruyère mendapat rating “Outstanding” dari pakar wine kelas dunia.

Panduan Harga Red Wine Beaujolais
Domaine Labruyère Champ de Cour 2011

Seabagai alternatif yang harganya lebih terjangkau, anda bisa pilih TeMata Estate Gamay Noir Estate Vineyard dari New Zealand. Teksturnya terasa ringan di lidah dengan rasa fruity yang elegan dengan tannin rendah.

Merlot

Mungkin Merlot adalah jenis dry red wine yang paling populer di Indonesia. Rasanya yang tidak terlalu sepat, teksturnya yang medium serta kadar keasaman yang tidak terlalu tinggi membuatnya food friendly.

Contoh Merlot bagus yang harganya cocok untuk pemula adalah Viña Morande Pionera Reserva Merlot dari Chile. Tapi bila anda menginginkan Merlot dari Perancis, maka kami rekomendasikan Merlot favorit kami untuk anda: Gérard Bertrand Réserve Spéciale Merlot karena rasanya yang nikmat tapi harganya masih terjangkau.

Gérard Bertrand Réserve Spéciale Merlot adalah salah satu best seller kami sampai sekarang. Harga red wine dari Perancis ini tidak sampai Rp 600.000,-.

Sebagai alternatif, anda juga bisa pilih 88 Vineyards Merlot Medium Sweet. Harga red wine dari South Africa ini cuma sekitar Rp 400ribuan dan mengandung sedikit rasa manis (tidak semanis sweet wine) dengan kandungan alkohol 13%. Cocok dinikmati dengan oseng daging sapi.

Valpolicella

Harga-Red-Wine-Valpolicella-Classico-Superiore
Tommasi Rafaèl Valpolicella Classico

Valpolicella adalah red wine dari Italia dengan karakter yang mirip dengan Merlot. Contohnya adalah Tommasi Rafaèl Valpolicella Classico. Harga red wine ini mungkin agak mahal untuk beberapa orang, tapi sesuai dengan kualitasnya yang diakui sebagai “Outstanding” oleh pakar wine kelas dunia seperti James Suckling. Rasanya yang easy drinking dan food friendly membuatnya cocok untuk pemula.

Barbera

Satu lagi red wine yang karakternya mirip dengan Merlot adalah Barbera. Italian red ini rasanya juga tidak terlalu sepat dan food friendly sehingga cocok untuk pemula.

Harga-Red-Wine-Barbera-dAlba
Mauro Molino Barbera d’Alba DOC 2019

Contoh produk yang kami rekomendasikan adalah Mauro Molino Barbera d’Alba. Harga red wine yang satu ini memang agak tinggi yaitu sekitar Rp 700ribuan, tapi rasanya memang bersahabat dengan lidah pemula dan food friendly. Selain itu produk ini diproduksi oleh Mauro Molino yang memang memiliki reputasi sangat bagus di dunia.