Posted on

Harga Wine Perancis

Harga wine Perancis mulai dari Rp 300ribuan hingga Rp 50jutaan ada di sini. Bagaimana cara memilih produk yang sesuai selera & budget anda?

harga wine perancis

Harga Wine Perancis: Pilih Sesuai Ranking

Harga wine Perancis biasanya lebih mahal daripada harga wine negara lain karena reputasinya sebagai yang terbaik di dunia.

Saat ini ada ribuan merek wine Perancis; kami sendiri menjual sekitar 100 merek dengan harga mulai dari Rp 428.160,- (Chateau Greteau Medeville) hingga Rp 52.564.440,-  (Chateau Lafite Rotschild 2000).

Bagaimana cara memilih wine yang paling cocok untuk anda?

Cara paling sederhana untuk memilih adalah dengan menggunakan review dari ahli wine Perancis seperti Robert Parker, Jr. Anda juga bisa menggunakan www.winespectator.com sebagai pedoman.

Tapi bila anda ingin bisa memilih sendiri (dan membuat teman-teman anda kagum) maka  perhatikan saja keterangan yang tertulis label botol. Hanya dengan membaca label botol saja, anda bisa menduga apakah harga wine Perancis tersebut sesuai dengan kualitasnya.Cara Membaca Label Wine

Supaya bisa memahami keterangan pada label wine Perancis, anda harus paham dulu bahwa Perancis dibagi menjadi beberapa wine region (wilayah perkebunan anggur). Saat ini ada 5 wine region paling penting di Perancis; masing-masing punya style andalan sendiri.

  • Bordeaux : blend (campuran beberapa jenis anggur); Rouge (red) dan Blanc (white)
  • Burgundy : Pinot Noir dan Chardonnay
  • Rhône : Syrah, Viognier dan beberapa blend (campuran)
  • Loire : Sauvignon Blanc, Chenin Blanc, Muscadet
  • Alsace: Riesling, Gewürztraminer, Pinot Gris, Pinot Blanc

Masing-masing wine region tersebut dibagi lagi menjadi daerah-daerah yang lebih kecil. Daerah-daerah tersebut (district) menghasilkan produk yang kualitasnya berbeda-beda. Masing-masing district dibagi menjadi beberapa sub-district, yang dibagi lagi menjadi beberapa commune. Dalam 1 commune bisa terdapat beberapa vineyard.

Untuk membantu pembeli dalam memahami klasifikasi wine Perancis berdasarkan letak geografis, metode pengolahan, komposisi buah anggur apa saja yang digunakan, kadar alcohol dan berbagai faktor lainnya, maka sejak 1935 Perancis menetapkan Appellation d’Origine Contrôllée (AOC).

Dalam sistem AOC ada 4 ranking:

  • Appellation Contrôlée (AOC atau AC); ranking tertinggi. Nama tempat penghasil wine diapit oleh “appellation” dan “contrôlée”. Contohnya “Appellation Bordeaux Contrôlée”
  • Vin Délimité de Qualité Supérieure (VDQS); setingkat di bawah AOC. Rangking ini sudah jarang dipakai
  • Vin de pays (Country Wine); dua tingkat di bawah AOC. Diletakkan di depan nama daerah penghasil wine; misalnya Vin de Pays de l’Hérault.
  • Vin de table (Table Wine); kualitas paling bawah. Boleh pakai buah anggur dari mana saja asalkan masih di wilayah Perancis. Bahkan kadang tidak disebutkan varietal (jenis buah anggur yang dipakai) dan tidak ada keterangan tentang vintage (tahun panen buah anggur)

Pemerintah Perancis menerapkan sistem AOC ini secara ketat. Produsen yang ketahuan berbohong; misalnya mencantumkan “Appellation Bordeaux Contrôllée” vin de table; bisa diajukan ke pengadilan dan dihukum berat.

Jadi sebelum membeli wine Perancis, pastikan dulu bahwa anda memilih produk yang berasal dari region yang terkenal dengan style yang anda inginkan dan dengan klasifikasi setinggi-tingginya (sesuai kemampuan budget anda).

Contohnya bila anda suka Riesling ,- dan budget anda di bawah Rp 1.000.000 maka Gustave Lorentz Riesling Burg adalah pilihan tepat; berasal dari Alsace region (penghasil Riesling terbaik) dengan ranking AC (Appelation Alsace Contrôllée).

Bila dipelajari secara mendalam, sistem klasifikasi wine Perancis sebenarnya lebih rumit daripada penjelasan di artikel ini. Misalnya saja Wine AOC Bordeaux; klasifikasi ini dibagi lagi dalam Cru Classé yang terdiri dari beberapa kelas (lihat table). Selain itu sistem AOC untuk Bordeaux wines berbeda dengan system AOC untuk Burgundy dan Rhône. Sistem AOC untuk Alsace berbeda dengan system AOC untuk Loire.

Tapi selama anda ingat soal ranking dalam AOC, maka anda bisa menilai sendiri apakah harga wine Perancis yang anda beli memang sesuai dengan kualitasnya. Harga wine Perancis Rp 200ribuan cocok untuk VDT, tidak mungkin lebih! Sebaliknya; dengan dana Rp 2.000.000,- seharusnya anda bisa dapat kualitas AC.