Posted on

Harga Wine Hungaria

Harga wine Hungaria yang jadi raja dari semua sweet wine bisa anda lihat di sini. Disukai para raja dan kaum elite Eropa sejak abad ke-17!

harga wine hungaria

 

Harga Wine Hungaria Patricius Tokaji

Pernah dengar wine Tokaji (baca: to-kay)?

Dalam daftar menu istananya, Louis XIV mendeskripsikan Tokaji sebagai “C’est le roi des vins, et le vin des rois“” (Wine of Kings, King of Wines). Raja Perancis berikutnya; Louis XV; mengucapkan “Vinum Regum, Rex Vinorum” (Wine of Kings, King of Wines) ketika mempersembahkan Tokaji kepada Madame de Pompadour. Paus Pius IV berseru “Summum pontificem talia vina decent!” (Inilah wine yang pantas untuk seorang Paus!) ketika mencicipi Tokaji.

Harga wine Hungaria ini tidak murah, tapi tidak menghalangi Napoleon III untuk memesan 30 – 40 gentong Tokaji tiap tahun. Gustav III; Raja Swedia; tidak mau minum wine selain Tokaji. Semasa hidupnya, Queen Victoria menerima total 972 botol Tokaji sebagai hadiah dari dari Franz Josef.

Joseph Haydn meminta Prince Esterházy dari Hungaria untuk menukar kereta kencana yang disediakannya untuk Haydn dengan Tokaji senilai harga kereta itu. “Wine of Tokaji” adalah salah satu Master Piece dari Luis Ricardo Falero.

Beethoven, Liszt, Schubert, Goethe, Heinrich Heine, Friedrich von Schiller, Bram Stoker, Johann Strauss II dan Voltaire adalah tokoh-tokoh terkenal lainnya yang sangat menyukai Tokaji.

Apa yang membuat Tokaji begitu istimewa?

[soliloquy id=”7878″]

Paling Cocok untuk Pecinta Manis

Tokaji Aszu 5 Puttonyos mengandung 120 gram (8 sendok makan gula) gula per liter sedangkan Tokaji Aszu 6 Puttonyos mengandung 150 gram (10 sendok makan gula) per liternya.

Bila anda minum teh manis, maka anda cuma merasakan manis dari gula saja. Tapi bila anda minum Tokaji Aszú, maka anda merasakan manisnya nanas, nectarine, apricot kering, lychee, karamel, mocca, dan juga rasa rempah-rempah seperti jahe dan pala.

Paling Cocok Untuk Dessert

Tokaji Aszu cocok untuk dinikmati dengan foie gras, blue cheese, dry-cured ham atau lobster. Tapi karena rasanya yang manis, tentu saja Tokaji Aszu cocok juga untuk diminum dengan kudapan sweet dessert seperti cream cake, Crème Brûlée dan macaroon.

Rasanya yang fruity dan manis juga membuat Tokaji Aszu bisa dihidangkan sebagai dessert tanpa kudapan lainnya.

Paling Sulit Membuatnya

Late Harvest, Trockenbeerenauslese, Sauternes dan Tokaji Aszu sama-sama dibuat menggunakan Botrytis Cinerea. Jamur ini mengurangi kandungan air dalam buah sambil meningkatkan kandungan gulanya.

Akan tetapi dari antara semuanya, Tokaji  Aszu-lah yang paling sulit dibuat.

Dua jenis buah anggur; Furmint dan Hárslevelü; harus diperiksa dengan cermat. Bila ternyata buahnya tidak memenuhi standar, maka seluruh hasil panen tahun itu tidak bisa digunakan (artinya tidak ada produksi Tokaji selama tahun itu). Buah yang sesuai standar dipetik satu-persatu dengan tangan. Yang dipilih hanya buah anggur yang kering dan keriput seperti kismis.

Buah yang lolos seleksi lalu digiling menjadi pasta. Hasilnya lalu dicampur dengan wine dari anggur biasa (tidak kena jamur). Setelah itu difermentasikan selama bertahun-tahun. Prosesnya sangat sulit dan lambat!

Paling Tahan Lama

Pada umumnya wine hanya bisa tahan sampai 5 hari setelah tutupnya dibuka. Akan tetapi Tokaji bisa tahan berbulan-bulan setelah dibuka! Artinya dengan beli 1 botol saja, anda bisa minum 1 sloki sebagai dessert setiap hari selama berbulan-bulan.

Salah satu produsen Tokaji yang paling terkenal adalah Patricius. Harga wine Hungaria ini bisa anda lihat DI SINI.