Posted on

Harga Wine Australia

Harga wine Australia mulai dari yang murah sampai yang mahal ada di sini. Bagaimana cara memilih wine yang bagus tapi harganya terjangkau?

harga wine australia

Harga Wine Australia

Harga wine Australia biasanya lebih murah daripada harga wine dari Eropa karena:

  1. Reputasi

Australia, New Zealand, Amerika Serikat, Argentina, Chile, South Africa dan juga Indonesia masuk kategori “New World” dalam hal produksi wine.

Produk “New World” dianggap belum memiliki reputasi sebaik “Old World” (Negara-negara Eropa) yang sudah memproduksi wine selama ribuan tahun (kenyataannya banyak wine dari “New World” yang kualitasnya sama dengan wine “Old World”).

  1. Teknologi

Bila “Old World” lebih menekankan pada metode yang sudah menjadi tradisi ribuan tahun, “New World” lebih menekankan pada teknologi dan inovasi. Ini membuat Australian wine makers mampu menekan harga wine Australia meskipun kualitas produknya tidak kalah dari “Old World”

  1. Pasar Ekspor

Sebagian besar produk wine dari Australia ditujukan untuk ekspor. Agar bisa bersaing di pasar ekspor, maka harga wine Australia dibuat menjadi murah

Saat ini ada sekitar 2000 wineries di Australia. Bila masing-masing wineries memproduksi 4 varian saja (biasanya lebih dari itu) setiap tahun maka paling tidak ada 8000 wine yang ada di pasaran! Lalu bagaimana caranya memilih wine Australia yang paling cocok untuk anda?

Cara paling mudah adalah dengan menggunakan review dari Wine Companion. Website ini memuat lebih dari 80.000 wine review dari James Halliday; pakar Australian wine nomor 1 di dunia. Semakin tinggi skor yang diberikan James untuk wine tertentu, maka semakin tinggi kualitas wine tersebut.

Tapi bila anda ingin memilih sendiri dengan cara yang lebih “cerdas” maka beberapa hal yang harus anda perhatikan adalah:

  1. Masing-masing wine region (daerah penghasil wine) memiliki spesialisasi produk
  2. Wine Australia yang berada di urutan teratas dalam hal kualitas adalah Shiraz. Setelah itu berturut-turut diikuti oleh Cabernet Sauvignon, Chardonnay, Merlot, Semillon, Pinot Noir, Riesling dan Sauvignon Blanc.
  3. Riverina region menghasilkan beberapa produk dengan value for money terbaik (harga wine Australia murah tapi kualitasnya OK). Contohnya Westend Estate Richland Merlot.

Bila anda sudah tahu cara memilih wine Australia, maka langkah selanjutnya adalah mencoba wine yang anda pilih! Silahkan isi formulir di bawah ini dan kami akan menyediakannya untuk anda!