Wine Tasting Basic

Inilah 4 langkah sederhana wine tasting basic yang perlu anda pelajari agar anda bisa melakukannya seperti seorang professional. Apa saja?

Wine Tasting Basic

Wine Tasting Basic

Wine tasting adalah kegiatan mencicipi dan mengevaluasi berbagai aspek dari wine, yang secara umum tujuannya untuk memberikan penilaian tentang wine tersebut. Bila dilakukan oleh seorang sommelier, maka hasil penilaiannya akan digunakan oleh orang awam untuk mengetahui apakah wine merek tertentu mendapat rekomendasi bagus atau tidak.

Meskipun begitu, yang namanya selera adalah sesuatu yang sangat subyektif. Anda tidak harus mengikuti semua rekomendasi dari seorang sommelier karena anda sendiri bisa memutuskan wine mana yang anda suka. Karena itu, penting bagi anda untuk menguasai dasar-dasar dari wine tasting.

Wine tasting basic terangkum dalam “4 S” yaitu:

See

Perhatikan warna wine. Warna wine bisa menjadi indikasi usia, kadar gula dan kekentalan wine.

Red wine yang berwarna gelap (merah gelap keunguan atau warna ruby) mengindikasikan wine yang masih muda sedangkan wine yang berwarna leboh terang (merah – orange) bisa menjadi indikasi wine yang sudah tua.

White wine yang berwarna bening kehijauan menunjukkan white wine yang masih muda, sedangkan wine berwarna coklat kekuningan menunjukkan white wine yang lebih tua. Yang paling baik adalah yang berwarna bening keemasan.

Swirl

Putar – putar gelas wine (bisa di atas meja atau bisa diangkat dekat ke badan) untuk mempercepat proses evaporasi alkohol dalam wine. Proses evaporasi itu akan mengangkat aroma dari cairan sehingga bisa anda hirup.

Smell

Hirup aroma dari dalam gelas. Hirup beberapa kali agar indera penciuman anda bisa mengenali aromanya. Kemudian coba bayangkan, aroma apa yang terbayang saat anda menghirup aroma wine tersebut? Apakah anda menghirup aroma buah-buahan? Aroma rempah-rempah? Aroma bunga? Aroma kayu?

Sip

Teguk sedikit wine, biarkan sebentar dalam mulut hingga lidah anda bisa mendeteksi rasa manis, asam, asin atau pahit.

Ketika melakukan wine tasting, biasanya seorang sommelier akan meludahkan wine yang sudah dicicipinya (tidak diminum). Akan tetapi bila anda yang melakukannya dengan wine anda sendiri, lebih baik anda menelannya, bukan?