Belajar Wine

Mari belajar wine! Halaman ini ditujukan bagi pemula yang membutuhkan pengetahuan dasar tentang bagimana cara menikmati wine dengan benar.

belajar wine

Belajar Wine

Belajar wine adalah sesuatu yang perlu dilakukan bila anda ingin mengoptimalkan kenikmatan wine yang anda pilih. Selain itu, bagi beberapa orang, pengetahuan dasar tentang wine juga akan mengangkat prestise ketika menghadiri jamuan makan malam dengan hidangan wine. Hal ini disebabkan karena pengetahuan tentang wine akan memberi kesan bahwa seseorang terbiasa bergaul dengan kalangan menengah ke atas.

Bagi orang yang ingin belajar wine dari dasar, maka beberapa hal inilah yang perlu dipelajari:

1. Belajar Jenis-jenis Wine Yang Ada

Pada dasarnya wine terbagi dalam kategori red, white, rosé, sparkling, Champagne dan sweet. Akan tetapi kategori besar tersebut berkembang menjadi banyak jenis; tergantung pada jenis buah anggur yang digunakan, lokasi perkebunan anggur, cara pembuatan wine, dsb.

2. Belajar Cara Buka Botol Wine

Tidak semua botol wine menggunakan tutup dari gabus; ada juga yang menggunakan tutup dari logam seperti minuman lain dalam botol.

Membuka botol wine dengan tutup gabus memerlukan teknik khusus. Salah dalam membuka tutup botol gabus bisa membuat botol terjatuh lalu isinya tumpah, bisa juga mengakibatkan tutup gabus patah di tengah sehingga tidak bisa dicabut keluar.

3. Belajar Cara Mencicipi Wine

Orang yang sudah ahli dalam mencicipi anggur bisa membedakan rasa wine meskipun dengan mata tertutup. Orang yang sudah berpengalaman dalam mencicipi wine bisa mendeteksi berbagai rasa mulai dari buah-buahan, rempah-rempah bahkan hingga rasa tanah! Seseorang yang cukup berpengalaman dalam mencicipi wine akan bisa memperkirakan jenis masakan seperti apa yang cocok untuk dipadukan dengan wine tertentu

4. Belajar Cara Menilai Wine

Seseorang yang bisa menilai wine akan bisa menilai apakah harga sebotol wine sesuai dengan kualitas wine tersebut. Dengan kemampuan untuk menilai wine (memberikan review; meskipun secara sederhana) , maka seseorang akan terhindar dari resiko membayar harga wine mahal untuk wine yang kualitasnya biasa-biasa saja.